CEVEST CENTER OF EXCELENT

Thursday, November 15, 2012

Kemnakertrans Gelar ASEAN Skills Competition (ASC) IX 2012


Kemnakertrans Gelar ASEAN Skills Competition (ASC) IX 2012 

 





Indonesia Targetkan Juara Umum  Kompetisi Keterampilan Kerja Asean (ASC) IX tahun 2012. Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kompetisi Keterampilan Kerja Asean atau ASEAN Skills Competition (ASC) IX Tahun 2012.

Perhelatan akbar yang terbuka untuk umum ini rencananya diselenggarakan pada 11-20  November 2012 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

 ASC merupakan kompetisi sekaligus arena unjuk kebolehan terhadap penguasaan kompetensi keterampilan kerja berbagai bidang kejuruan oleh para tenaga kerja muda di negara-negara  anggota ASEAN yang terdiri dari Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja
 Dalam pelaksanaan (ASC) IX tahun 2012 Kontingen Indonesia menargetkan menjadi juara umum. Target ini meningkatkan bila dibandingkan dengan hasil yang diraih kontingen Indonesia dalam ASC sebelumnya  di Thailand.
 Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin, Iskandar mengatakan pelaksanaan ASC menjadi momentum bagi Indonesia untuk mengejar kompetensi dan keterampilan kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan standar dunia. 
 “Penyelenggaraan ASEAN Skills Competition merupakan salah satu upaya peningkatan standar kompetensi kerja ASEAN di berbagai bidang kejuruan  sehingga citra, kualitas dan posisi tawar tenaga kerja negara anggota ASEAN di dunia internasional semakin diperhitungkan. Kata Muhaimin dalam keterangan pers di kantor Kemnakertrans, Jakarta pada Minggu (11/11).
 Sebelumnya, pada Sabtu (10/11) Menakertrans Muhaimin Iskandar melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di ASC IX tahun 2012. Mereka siap berlaga dan berkompetisi dengan peserta negara-negara lain.
 ”Penyelenggaraan ASC ini mendukung pengembangan sumber daya manusia khususnya tenaga kerja muda khususnya di Indonesia  untuk mencapai kompetensi sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar kerja global, ”kata Muhaimin.
 Muhaimin mengatakan   Kerja sama untuk peningkatan kompetensi keterampilan kerja di antara negara-negara ASEAN sebenarnya sudah terlaksana dengan baik. Namum diperlukan adanya percepatan implementasi pelatihan kerja bersama yang berpedoman pada standar kompetensi kerja yang diakui dunia internasional
 “Peningkatan standar kompetensi kerja menjadi keharusan agar tenaga kerja negara-negara ASEAN Umumnya dan tenaga kerja  Indonesia khususnya dapat bersaing dengan pekerja di luar negeri maupun pekerja asing di dalam negeri, kata Muhaimin.
Bahkan sesama negara ASEAN juga bersepakat agar standar keterampilan kerja di ASEAN ditingkatkan sesuai dengan standar dunia
 Kegiatan ASC IX tahun 2012 akan diikuti sekitar 1.000 delegasi – terdiri atas para ahli dan peserta – dari sembilan negara ASEAN (Myanmar tidak berpartisipasi). Ajang  kompetisi keterampilan kerja pemuda-pemudi ASEAN ini terbuka untuk umum, tanpa biaya masuk.
 Target Juara Umum
Dalam pelaksanaan ASEAN  Skills Competition (ASC) IX tahun 2012 Kontingen Indonesia menargetkan menjadi juara umum. Taget ini meningkatkan bila dibandingkan dengan hasil yang diraih kontingen Indonesia dalam ASC sebelumnya 
Saat pelaksanaan ASC ke-8 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 14-24 November 2010 lalu, Kontingen Indonesia meraih juara ke-2 dengan 8  Emas,   2 Perak, 7 Perunggu dan 13 sertifikat diploma.  Medali emas diraih dari kejuruan industrial electonic, bricklaying, cabinet making, joinery, Fashion technology, Grapich designm tech, automotion production tech.
Dalam  ASEAN Skills Competition IX 2012 ini disepakati  akan dilaksanakan kompetisi untuk 22 kejuruan dan 1 kejuruan ekshibisi. Ke-22 kejuruan meliputi teknologi  otomotif (automobile technology), mekanik elektonik (mechatronics), sistem administrasi berbasis jaringan teknologi informasi (IT network system admnistration), program komputer untuk solusi bisnis ( IT software solution for business), pengairan dan pemansan (plumbing and heating), dan pengelasan (welding). Selain itu, wall and floor tilling, refrigeration and air conditioning, bricklying, joinery, cabinet making, web design, electronics, fashion technology, restaurant services, cooking, mechanical engineering design, graphic design technology, beauty therapy, industrial automation, hair dressing serta electrical installation. Untuk eksibisi dilombakan juga kejuruan caring. (fon)

0 comments:

Post a Comment